Promosi, Sarana untuk Memajukan Arema Indonesia

Banyak jalan menuju ke Roma. Pepatah kuno ini mengajarkan kepada manusia  untuk tidak cepat menyerah serta banyak jalan menuju kesuksesan. Roma  dimasa lalu ada lambang kejayaan imperium Romawi. Keberhasilan Roma  dimasa itu umumnya dianggap sebagai buah kesuksesan Romawi.
Dalam sepakbola Indonesia saat ini belum terdapat standar yang jelas  untuk mengukur keberhasilan suatu klub. Sepuluh tahunan lalu klub yang  sukses adalah klub yang telah menjuarai suatu kompetisi menjadi opini  umum bagi penggemar sepakbola Indonesia. Dengan berkembangnya informasi,  anggapan klub yang sukses telah berganti menjadi klub yang bisa  bertahan mengikuti kompetisi tanpa memakai dana hibah APBD.
Sekarang ini kompetisi ISL 2010/2011 tinggal 4 klub yang tidak memakai  dana APBD. Semen Padang, Pelita Jaya, dan Arema adalah sebagian kecil  dari klub eks Galatama yang tetap eksis dengan modal sendiri, sedangkan  Persib Bandung adalah satu-satunya tim eks perserikatan yang sudah  "tobat" tidak menggunakan hibah anggaran APBD lagi.
Skema pendanaan klub nonAPBD bermacam-macam. Pelita Jaya disokong oleh  anggota keluarga taipan kenamaan, Nirwan Bakrie. Semen Padang dibackup  oleh induk perusahaannya, sedang Persib Bandung walaupun mendapat  pasokan dana segar dari sponsor dan tiket juga mendapat dukungan dari  konsorsiumnya senilai belasan miliar rupiah setiap tahun. Sedangkan di  Arema sekitar 90 persen pendapatan tim berasal dari usaha sendiri.
Usaha yang melibatkan Arema banyak macamnya. Mulai dari penjualan tiket,  sponsorship, hingga merchandise tim. Untuk sektor sponsorship  diperkirakan Arema mendapatkan lebih dari 7 Miliar rupiah sampai dengan  paruh pertama musim ini. Wujudnya sendiri beragam, mulai dari sponsor  utama dan pendukung dengan kompensasi peletakan logo sponsor di jersey  pemain, hingga yang berwujud iklan/advertorial.
Ragam iklan yang disediakan oleh Arema memang berfungsi sebagai sumber  pemasukan klub. Bentuknyapun mulai dari semacam giant banner, spanduk,  hingga branding pada tiket pertandingan. Untuk penempatannya bisa  dilakukan baik didalam maupun luar stadion.
Jika unit bisnis produktif ini mampu tergarap secara maksimal, bukanlah  mustahil jika Trilogy pengembangan dalam Industry sepakbola yaitu Sports  Performance, Sport Product dan Sportainment menjadi sebuah kesatuan  nafas bagi pengembangan Arema kedepannya.
Beberapa unit bisnis produktif dalam bentuk iklan/advertorial yang sedang digarap oleh Divisi Marketing Arema diantaranya :
A.Placement Promo And Advertise
- A-Board (Advertise Board)
Merupakan media promosi berupa papan iklan di dalam stadion yang  diletakan di sisi lapangan pertandingan dengan ukuran a-board sebesar 6m  x 1m. Jumlah A-Board yang bisa dioptimalkan di Stadion Kanjuruhan  sejumlah kurang lebih 40 buah dengan penempatan bervariatif di sisi  sekitar lapangan untuk ring pertama.
Musim lalu diperkirakan pemasukan Arema dari lahan A-Board mencapai 1Miliar rupiah.
- A-Wall (Advertise Wall)
Merupakan media promosi yang ditempatkan pada dinding bagian dalam  Stadion. Space advertise wall yang bisa dioptimalkan dengan penempatan  terbaik sejumlah 30 space, dengan ukuran per a-wall 5m x 1 m.
Gb : A-Wall ketika Piala Indonesia 2010
Banderol untuk A-Wall ini musim lalu mencapai 500ribu rupiah untuk  setiap A-Wall yang terpasang. Musim lalu Arema mendapat order untuk  pemasangan A-Wall dari beberapa perusahaan seperti perusahaan percetakan  lokal hingga salah satu perusahaan telekomunikasi tersohor di  Indonesia.
- Advertise Scoring Board
Merupakan media promosi yang ditempatkan pada bagian bawah Papan Skor pertandingan di dalam Stadion, dengan ukuran 1m x 12 m.
- Backdrop Press Conference
Merupakan media promosi berupa penempatan logo sponsor (brand  perusahaan/produk) pada Backdrop Press Conference Arema Indonesia setiap  dilangsungkan pertandingan Home di Stadion Kanjuruhan.
Gb : Backdrop Press Conference
- Giant Banner
Merupakan media promosi berupa baner vertical dengan ukuran besar (3m x  10m ) yang ditempatkan pada tiang lampu stadion kanjuruhan dengan bentuk  vertical ke bawah. Space yang tersedia 4 buah menyesuaikan jumlah tiang  lampu yang ada di Stadion Kanjuruhan
- Spanduk Sponsor
Adalah media promosi berupa spanduk yang ditempatkan di atas Tribun  penonton VIP dan VVIP dengan ukuran 1m x 6 m. Jumlah space spanduk yang  tersedia sebanyak 4 buah
- Advertise Bench Official
Merupakan media promosi berupa stiker branding/baner tempel yang  ditempatkan pada bagian belakang dan depan Bench Pemain dan Official  Tim. Bentuk Bench disesuaikan dengan standart Internasional. Space yang  tersedia sebanyak 2 buah sesuai dengan jumlah Bench kedua Tim yang  bertanding.
- Advertise Lorong Pemain
Merupakan media promosi berupa stiker branding/baner tempel yang  ditempakan pada sisi atas dan sisi samping Lorong Pemain menuju dan  keluar lapangan pertandingan, Ukuran lorong disesuaikan dengan standart  Internasional. Penempatan branding sponsor pada bagian sisi atas dan  sisi samping lorong pemain sehingga terlihat jelas dari segala penjuru  Stadion Kanjuruhan.
- Advertise Carpet
Merupakan media promosi berupa karpet yang dibrandingkan dengan logo  sponsor, dengan penempatan di sisi kanan dan sisi kiri kedua gawang di  belakang garis lapangan. Jumlah space yang tersedia untuk Advertise  Karpet sebanyak 12 space.
- Stand Booth (Stand Penjualan)
Merupakan Promosi/Penjualan adalah Media Branding/Promosi dan Selling  (penjualan) bagi Sponsor di dalam Area dalam Tribun VIP/VVIP maupun di  bagian luar atas area Tribun VIP/VVIP. Space yang tersedia sebanyak 25  Stand Booth baik di dalam maupun luar atas area VIP/VVIP.
- Premium Advertise Promo di dalam Area VIP/VVIP
Merupakan promosi dan branding sponsor di dalam area VIP/VVIP, mixed  zone, dan Space potensial Placement lainnya melalui media Stiker  Sponsor, Indoor banner, Spanduk Indoor, Stand Baner dan berbagai media  promo lainnya.
B.Promo Outdoor
- Outdor Banner / Baliho Sponsor
Merupakan Media Promo berupa Banner atau Baliho yang ditempatkan di luar  pintu masuk Stadion Kanjuruhan, ukuran Banner atau Baliho menyesuaikan  sponsor
- Umbul-umbul Sponsor
Merupakan media promo berupa umbul-umbul yang ditempatkan di area luar Stadion Kanjuruhan dengan ukuran 1m x 6m.
- Spanduk Publikasi
Merupakan media promo berupa spanduk sebagai media publikasi yang  ditempatkan di lokasi strategis di Malang Raya (Kota Malang, Kota Batu,  Kab. Malang).
- Stand Booth (Stand Penjualan)
Stand Promosi/Penjualan adalah Media Branding/Promosi dan Selling  (penjualan) bagi Sponsor di bagian luar area Stadion Kanjuruhan. Space  yang tersedia sebanyak 20 Stand di Area luar Stadion.
- Moving Air Baloon
Satu sisi : Logo Sponsor
Sisi lain : Logo Arema Indonesia
Adalah media promosi berupa balon udara yang bergerak yang diudarakan  sebelum pertandingan, sebagai daya tarik kepada Aremania dan Masyarakat  umum, dimana logo Arema dan Sponsor bersanding di balon udara, sehingga  menguatkan branding produk-produk Sponsor sebagai Partner dan bagian  utama dari perjalanan Arema Indonesia.
- Stand Air Baloon
Merupakan Media promosi berupa balon udara yang ditempatkan di lokasi  tertentu di area Stadion Kanjuruhan, dimana pada balon udara terdapat  branding Logo Sponsor bersanding dengan Logo Arema Indonesia.
- Branding Sekretariat KORWIL AREMANIA
Merupakan media promosi dengan berbagai alternative jenis media yang  ditempatkan pada seluruh Sekretariat KORWIL AREMANIA resmi yang ada di  seluruh Malang Raya
- Branding Store Official Merchandise Arema Indonesia
Merupakan media promosi dengan berbagai alternative jenis media yang  ditempatkan pada seluruh STORE OFFICIAL MERCHANDISE Arema Indonesia di  seluruh Malang Raya.
- Advertise Buletin
Merupakan bentuk space media promosi pada buletin Arema Indonesia yang  dicetak dalam setiap Home Match Arema Indonesia sejumlah 10.000 (sepuluh  ribu) ekslempar. Distribusi buletin Arema Indonesia ini disebarkan di  Stadion Kanjuruhan kepada Aremania, kemudian sebagian lainnya disebarkan  pada tempat-tempat strategis (public) dan tempat-tempat komunitas.
- Advertise Majalah AREMA INDONESIA
Merupakan bentuk advertise pada media promosi di Majalah Bulanan Arema  Indonesia yang dicetak secara eksklusif setiap bulan dengan penjualan  yang terbatas. Distribusi Majalah Arema Indonesia ini hanya  didistribusikan kepada tempat/pihak terbatas seperti Hotel berbintang,  Maskapai Penerbangan, Travel Agent, Perusahaan-Perusahaan besar.  Kemudian sebagian lainnya dijual secara Eksklusif melalui web site Arema  Indonesia, www.aremafc.com
- Advertise Promo Web Site AREMA INDONESIA (www.aremafc.com)
Merupakan space advertise promo Sponsor pada web site resmi Arema Indonesia.
C. Other Promotion
- Branding Pada Tiket Pertandingan
Merupakan media branding sponsor dengan pencantuman logo Sponsor pada  tiket pertandingan Arema Indonesia, baik tiket ekonomi, VIP dan VVIP.  Jika Anda terbiasa membeli tiket pertandingan untuk menyaksikan  pertandingan Arema, coba simak logo apa saja yang tertera di dalam tiket  pertandingan tersebut.
- Jingle Tone Sponsor
Pemutaran Jingle Tone Sponsor pada awal, jeda, dan akhir pertandingan  Home Match Arema Indonesia di Stadion Kanjuruhan. Jika Anda terbiasa  datang ke stadion lebih awal, Anda pasti akan menemukan Jingle Tone yang  biasa diputar lewat loudspeaker di stadion.
- Spot Promo Program
Program Promo Sponsor yang dilakukan secara Live pada saat pertandingan  berlangsung, baik ketika sebelum Kick Off, Jeda dan pada akhir  Pertandingan.
- Lips Service MC (Master Of Ceremony)
Penyampaian ucapan terima kasih kepada Sponsor-Sponsor yang Bersinergi  dalam setiap Home Match Arema Indonesia ketika Jeda Pertandingan babak  pertama.

 
 
0 Responses to "Promosi, Sarana untuk Memajukan Arema Indonesia"
Leave A Comment :